Fakta-Yang-Perlu-Diketahui-Dari-Cantiknya-Veneer-Gigi

Fakta Yang Perlu Diketahui Dari Cantiknya Veneer Gigi

Berita Terbaru – Bagi orang yang tertarik untuk memperbaiki dan menyempurnakan tampilan senyumannya, dental veneer adalah pilihan perawatan yang tepat. Pembuatan veneer ini dari bahan tipis porselen atau resin komposit yang sudah disesuaikan untuk gigi Anda. Tapi tahukah Anda fakta veneer? Setelah dipasangkan tentu permukaan gigi Anda terlihat putih bersih sehingga penampilan semakin cantik. Veneer menutupi noda, menutupi gigi yang retak, dan meminimalkan masalah celah atau kesejajaran, memberi Anda senyum cerah yang pantas Anda dapatkan. Selain itu, veneer menahan noda dan kerusakan, memastikan veneer Anda selesai dalam waktu yang lama dengan perawatan yang tepat.

1. Tidak bisa dihapus

Veneer gigi melekat secara permanen pada gigi dan hanya dapat dicabut oleh dokter gigi. Veneer gigi biasanya bertahan sekitar 10-20 tahun, tetapi beberapa dapat bertahan lebih lama. Namun, jika malas merawat dan menyikatnya, dental veneer bisa bertahan kurang dari itu. Setelah 10-20 tahun berlalu, pelapis gigi harus diganti.

2. Veneer Gigi Bisa Retak

Seperti gigi asli, pelapis gigi bisa patah jika Anda tidak hati-hati. Misalnya akibat dari mengunyah makanan yang terlalu keras atau terkena sesuatu. Untuk itu berhati-hatilah saat menggunakan dental veneer. Hindari makanan yang memiliki tekstur keras atau mengunyah terlalu cepat.

3. Gigi Jadi Lebih Sensitif

Sebelum mengaplikasikan veneer, gigi akan dikikis sebanyak 0,5 mm agar ada ruang untuk mengaplikasikan veneer. Akibat erosi ini maka kekuatan gigi berkurang sehingga lebih sensitif. Setelah menggunakan veneer, Anda mungkin merasa perih saat makan makanan dingin dan panas atau gigi menjadi sensitif saat Anda menggigit makanan yang terlalu keras.

4. Gusi Jadi Rentan Terhadap Iritasi

Selain membuat gigi Anda lebih sensitif, yang harus Anda ketahui setelah mengaplikasikan veneer gigi adalah bahwa gusi Anda mudah mengalami iritasi. Umumnya iritasi gusi terjadi pada awal pemasangan, karena gusi harus menyesuaikan dengan bentuk gigi baru. Namun, iritasi pada gusi juga bisa terjadi jika Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan benar.

5. Biaya Sangat Mahal

Perlu diketahui juga bahwa veneer gigi cukup mahal. Untuk veneer atau veneer langsung yang menggunakan resin komposit, biayanya bisa mencapai Rp1-2 juta. Sedangkan untuk veneer tidak langsung atau veneer yang menggunakan porselen harganya sekitar Rp. 3-10 juta.

Keuntungan Veneer Gigi

Estetika / Kecantikan: Dalam banyak kasus, pelapis gigi dapat mengubah penampilan dan bahkan hidup Anda. Jika Anda malu untuk tersenyum, perawatan veneer adalah solusinya. Senyuman sempurna, itulah manfaat yang akan Anda rasakan seumur hidup.

Waktu: Veneer biasanya membutuhkan dua kunjungan. Dokter gigi akan mempersiapkan gigi Anda, memeriksa gigi Anda, dan membuat lapisan sementara pada kunjungan pertama. Setelah itu dua minggu kemudian lapisan pertama diganti atau ditambahkan dengan veneer baru. Setelah direkatkan, Anda bisa langsung memamerkan senyum indah Anda!

Periodontal: Karena veneer bersifat individual dan sangat mudah dirawat. Anda bisa makan, minum, menyikat gigi, dan membersihkan benang seperti biasa.

Kerugian Veneer Gigi

Pengikisan gigi: Meskipun tujuan perawatan veneer harus sekonservatif mungkin, gigi Anda perlu dikikis 0,5-1 mm untuk membuat veneer sesuai dengan prosedur agar sesuai dengan gigi juga. Minimal, tapi gigi Anda tidak bisa kembali ke bentuk semula.

Biaya: Pelapis gigi bisa sangat mahal, tergantung pada jumlah gigi yang dilapisi. Selain pemeriksaan gigi, Anda akan mengetahui berapa biayanya untuk masalah gigi Anda.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *